TPI Puger

Tempat Pelelangan Ikan Puger merupakan TPI terbesar di Kabupaten Jember, terletak + 40 km ke arah selatan Kota Jember. Kawasan ini menjadi jalur dan tempat persinggahan wisatawan ketika ingin mengunjungi Pantai Puger. Di tempat ini, pengunjung dapat membeli ikan-ikan segar yang baru diperoleh nelayan, serta berbagai produk olahan laut, seperti terasi, ikan asing, krupuk dan sebagainya.

Meski dikenal dengan nama Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger, rupanya TPI yang berada di dalam kompleks Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Puger itu tidak berfungsi sebagai tempat untuk melelang ikan. Los TPI Puger hanya digunakan sebagai tempat jual beli ikan. Padahal TPI itu sudah berdiri sejak 10 tahun lalu.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Puger (Perikel) Mahfud Afandi mengakui kalau TPI Puger sudah terbentuk. TPI merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah Dinas Perikel Jember. Sementara PPP merupakan milik Pemerinta Provinsi Jawa Timur.

"TPI sudah terbentuk, bahkan merupakan UPT kami. Tetapi memang fungsi TPI belum terjadi atau belum terlaksana," ujar Mahfud.

Teknis pelelangan ikan, lanjut Mahfud, tidak hanya sekedar jual beli antara nelayan dan pedagang. Dalam sistem lelang, nelayan memasukkan ikan kepada petugas TPI untuk dicatat, ditimbang kemudian dimasukkan dalam pelelangan. Pembeli yang hendak membeli harus melalui proses lelang harga.

Pembeli yang memenangkan lelang membayar ke kasir UPT TPI, untuk kemudian uangnya diserahkan kepada nelayan. Dalam proses lelang ikan inilah, Pemkab mendapatkan pemasukan untuk Pendapatan Asli daerah (PAD).

"Karena nelayan dan pedagang ditarik retribusi, itu bisa jadi
pemasukan untuk PAD. Selama ini yang terjadi memang hanya jual beli biasa. Dan jual belinya hanya antara nelayan dan pengambek saja," tutur Mahfud.

Pengambek merupakan juragan ikan yang banyak memodali nelayan, baik untuk biaya operasional melaut, pembuatan kapal bahkan sampai biaya pendidikan akan nelayan.  Nelayan bisa utang kepada pengambek. Sebagai cara mengembalikan pinjaman, nelayan harus menjual ikan kepada pengambek. Harga ikan ditentukan oleh pengambek. Dan pengambek juga mengambil jasa penjualan untuk setiap keranjang ikan.

Sumber : surya.co.id

Kota Jember
Hari Ini
Hujan Sedang
Temperatur
31°
Esok Hari
Hujan Sedang
33°
Contact Us

show/hide

© 2014-2018 Jember Information Centre. All rights reserved.
Jember Information Centre
Gedung Bumi Mandiri
Tower 2 Lt. 9
Jl. Panglima Sudirman No. 66-68
Surabaya 60271
Jawa Timur-Indonesia
Twitter
Facebook
Tag Clouds
Jember Wisata Pantai Indonesia Jawa Timur Carnaval